Sejarah Berdirinya FISIP UNPAR

Pendirian

Mgr.Prof.Dr. N.J.C.Geise,OFM

Pada awal berdiri, yaitu tahun 1961 nama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bernama Fakultas Sosial Politik (SOSPOL).

Pendiri fakultas ini adalah Mgr.Prof.Dr. N.J.C.Geise,OFM, seorang Fransiscan warganegara Indonesia yang berasal dari negeri Belanda dan juga seorang Guru Besar dalam Antropologi Budaya.

Informasi tentang tanggal dan bulan didirikan tidak ditemukan. Namun berdasarkan arsip yang ada di administrasi fakultas, Fakultas Sospol Universitas Katolik Parahyangan pertama kali menerima mahasiswa pada tanggal 1 Agustus 1961.

 

Status

Fakultas Sosial Politik merupakan fakultas keempat yang berdiri dari tiga fakultas sebelumnya – Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik (Sipil dan Arsitektur) – yang kesemuanya mempunyai status “DIAKUI” di lingkungan Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Perlu dicatat, tonggak awal berdirinya universitas ini adalah pada tanggal 17 Januari 1955.

Mulai tanggal 19 April 1962, status “DIAKUI” berubah menjadi “DISAMAKAN”. Status persamaan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 50 Tahun 1962.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.