Cara Menggunakan Skype

Sekilas tentang Skype

Skype adalah freeware (software gratis) yang memungkinkan kita membuat panggilan (telepon) baik suara maupun video melalui internet.

Menelpon orang lain melalui Skype biayanya gratis, akan tetapi apabila kita akan menelpon ke telepon rumah (fixed phone) atau HandPhone (HP) kita akan terkena charge.  intinya bila tidak mau terkena charge orang yang akan kita ajak telpon, install Skype saja. mudah kan?

Pengguna Skype terhitung bulan September 2011 ada 929 juta pengguna (Wikipedia), jadi Skype ini sudah sangat popular di Internet. Selain bisa melakukan panggilan suara dan video-calling, Skype juga bisa Chatting, transfer File dll.

Membuat Akun Skype

Langkah pertama menjalankan program Skype adalah, kita harus punya akun-nya dulu. Caranya :

  1. Buka halaman Registrasi (Klik di sini)
  2. Isi formulir pendaftaran yang ada
  3. Diusahakan diisi semua, tapi yang wajib diisi cuma yang ada tanda bintangnya (*)
  4. Setelah selesai, klik “I Agree – Continue
  5. Setelah itu rekan-rekan akan ditawarkan apakah ingin membeli kredit, kredit disini tujuannya agar kita bisa nelpon ke HP atau telpon rumah, jadi kata lainnya pulsa laah. Kalau ga mau, tinggal pilih “No thanks, I’d like to download”
  6. Download.

Download Skype

Nantinya rekan-rekan akan diarahkan untuk medownload file berukuran kurang lebih 1 MB, ini bukan installer-nya tapi ini downloader-nya. Jadi rekan-rekan akan mendownload Installer Skype yang berukuran besar melalui downloader ini. Untuk lebih jelasnya, coba saja buka File yang baru didownload itu, nama filenya SkypeSetup.exe

Setelah rekan-rekan buka file SkypeSetup.exe maka akan ada tampilan proses mendownload Installer, seperti gambar di bawah :

Perhatikan tulisan yang ditandai 14% completed – about 10 minutes to go . Ini berarti downloader sudah mendownload installer sebanyak 14% , dan untuk menuju ke 100% (download complete) membutuhkan waktu kira-kira 10 menit lagi (tergantung juga koneksi internet rekan-rekan).

Setelah proses sudah mencapai 100%, Skype akan menginstall dirinya, kita diarahkan melakukan beberapa pilihan seperti bahasa, tempat penginstallan dan lain-lain. Ketika sudah melakukan beberapa pilihan, coba kita cek lagi layar diatas maka tulisan akan berubah menjadi seperti gambar di bawah :

Perhatikan bahwa tulisannya berubah menjadi “Installing Skype: may take a few minutes” yang berarti ini sudah memulai proses Install, dan akan memakan waktu beberapa menit.

Kalau sudah mendapatkan layar di atas, berarti kita sudah berhasil Install Skype di Komputer kita

Nb: rekan-rekan bisa melewatkan proses diatas dengan cara langsung mendownload installer skype offline. dan lakukan instalasi tanpa harus terkoneksi dengan internet. download installer skype offline DISINI

Log  In dan Menggunakan Skype

Langsung saja kita masukkan Skype Name dan Password yang tadi kita buat. Nah ketika masuk, pasti ketika awal melihat tampilan awalnya rada bingung.

Berikut beberapa fitur dasar yang bisa digunakan.

Untuk menambah Kontak tinggal klik add a contact ada di kiri bawah. Lalu akan ada window baru yang meminta data no. HP, email dll. Masukkan hanya Skype Name-nya saja, tidak perlu masukkan data yang lain, otomatis akan mencari Skype Name yang diminta, kalau sudah ketik Skype Name nya dan sudah keluar gambar orang yang dimaksud, pilih Add. Kemudian masukkan pesan agar orang yang rekan-rekan add tahu kalau yang add itu orang yang dia kenal, Kemudian klik Send Request.

Lalu kalau diminta masukkin no.HP , langsung di close saja windownya dan kembali ke window utama.

Untuk Chatting dan Calling tinggal pilih kontak yang akan di chat/call, kalo chat bisa melalui kontak yang sedang offline maupun online, tapi kalau call hanya bisa saat kontak tersebut online.

Indikasi offline atau online : apabila Online ada gambar centang berwarna hijau.

Selamat mencoba 🙂

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...