Legenda Persib (yang terlupakan) Edisi 6 : Daman

Bek tengah Persib sekelas Robby Darwis atau yang paling gress Nova Arianto akan sangat akrab ditelinga rekan-rekan. Tapi ketika menyebut nama Daman, mungkin hanya segelintir bobotoh saja yang tahu.

DAMAN SURYATMAN begitulah nama lengkap Legenda Persib yang satu ini. Palang pintu handal Persib ini memulai debut sepakbola di Klub Masa (Masyarakat Andir) di sekitar tahun ’65. dan tidak lama kemudian pindah ke klub angkasa Bandung, dari klub angkasa inilah Daman direkrut oleh Tim PERSIB.

(kedua – atas kanan) ketika memperkuat PSSI

Pemain yang seangkatan dengan Guru Emen ini pun pernah mendapatkan kesempatan main di Tim Nasional Indonesia (bersama-sama Ronny Patinasari & Abdul Kadir) pada Merdeka Games tahun 1967 dan salah satu turnamen di Taiwan pada tahun yang sama.

bersama Tim PSSI 1967

Pemain dengan nomor punggung #5 ini Lahir di Bandung, 18 September 1943 diakhir karir sepakbolanya ditarik untuk menjadi pegawai sipil di lingkungan AURI,

Daman (atas kiri No.2) bersama Tim Persib 1967

Daman ketika beraksi dilapangan

Daman pensiun dari PERSIB pada tahun 1970, setahun kemudian mengakhiri masa lajang dengan menikahi gadis asal Garut bernama Momy dan dikaruniai 3 Orang anak,

Di masa pensiunnya tersebut Daman masih sempat mengorbitkan beberapa pemain hasil didikannnya sebut saja Dede Rosadi dan Gatot Prasetyo (penjaga Gawang Persib)

Saat ini Daman mengalami kesulitan dalam berjalan, akibat dari pengapuran tulang pada kedua kakinya, kegiatan sehari-harinya beliau banyak dihabiskan didalam rumah. Dan hanya sesekali saja bertemu dengan rekan sejawat atau anak-anak asuhannya di lapangan angkasa soreang.

Legenda Persib – Daman Suryatman

Rekan-rekan bobotoh yang sekiranya ingin menemuinya bisa berkunjung ke rumahnya di Komplek Melong Green Jl. Mustang 2 No.1 Cimahi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...