Cara Membasmi Virus Shortcut (.ink)

Virus shortcut merupakan virus VBS dengan ekstension .ink. Virus ini menyamarkan dirinya sebagai shortcut dan file “Thumbs.db” untuk mengecoh korbannya. Teknik yang digunakannya adalah menyamarkan dirinya sebagai folder dengan memanfaatkan shortcut yang ia buat agar nantinya virus dapat tereksekusi saat korbannya mengakses file shortcut samaran folder tersebut.

Disebut shortcut karena pada folder yang terinfeksi akan berubah menjadi shortcut folder tersebut. Sebenarnya apabila rekan-rekan rajin mengupdate AntiVirus, hal semacam kehilangan data atau komputer ngadat yang disebabkan oleh virus tidak akan terjadi. Pada dasarnya data yang terserang virus shortcut tidak hilang, melainkan telah disembunyikan dengan cara “Hide Protected Operating System Files”.

Kita dapat melihat perbedaan antara file dan folder asli dengan file dan folder palsu yang dibuat oleh virus.

Dari preview diatas kita dapat melihat perbedaan de mana file dan folder asli milik system dengan file dan folder palsu yang dibuat oleh virus.

CARA MEMBASMI

Pada postingan ini Bjo Miniblog akan membagi AntiVirus untuk membasmi Virus Shortcut ini.

Silahkan rekan-rekan mendownloadnya pada link ini

Apabila AntiVirus diatas kurang mumpuni, Bjo Miniblog membagi AntiVirus kedua, mudah-mudahan AntiVirus yang kedua (alternatif) bisa membasmi Virus ini secara tuntas. Yang perlu diperhatikan adalah jalankan AntiVirus ini pada SAFE MODE OS rekan-rekan ya…., mangga silahkan didownload

Semoga bermanfaat

How to make a shutdown shortcut.
Video Rating: 4 / 5

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...